menara masjid

Menara menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan bangunan utamanya masjid. Untuk membangun sebuah menara diperlukan tahapan proses pengerjaan yang sangat panjang. Diawali dari pembuatan gambar, perencanaan struktur dan perancah, pembangunan menara hingga ke proses finishing akhir bangunan menara tersebut.

Kenyataannya dibutuhkan waktu yang tidak singkat untuk membangun sebuah menara dengan detail dan tingkat kerumitan yang sangat kompleks. penambahan detail ornamen dan bentuk-bentuk profil misalnnya, dengan pengerjaan tukang setandar tentu membutuhkan waktu yang tidak sebentar, bahkan terkadang mendapatkan hasil yang kurang memuaskan.

Kini semua kendala teknis tersebut dapat dengan mudah diatasi. Noqtah Art membuat inovasi teknis dan pemilihan material yang pas dalam membangun menara dengan detail yang sangat rumit sekalipun. GRC ya dengan teknik cetak GRC kita dapat menghasilkan produk bangunan dengan ketebalan yang lebih efisien, kuat, lebih ringan, fleksibel, serta dapat dibentuk sesuai dengan desain yang diinginkan.

Proses pembuatan menara masjid berbahan GRC dimulai dengan perancangan desain menara. Pembuatan bentuk desain menara masjid sangat menentukan tingkat kerumitan GRC menara yang akan dibuat.

Prosesnya pun terbilang kompleks. Pertama-tama rangkaian bentuk menara dipecah menjadi beberapa bagian panel dan dibuat cetakannya.  Cetakan tersebut dibagi lagi menjadi beberapa modul panel, setiap hasil pencetakan modul  GRC menara dilengkapi dengan fitting- fitting besi. Fitting-fitting yang terpasang pada tiap modul GRC ini kemudian digabungkan dan di las dengan konstruksi rangka baja penahan beban yang dapat dipasang terlebih dahulu.
Setelah seluruh model dan beberapa panel menara terpasang selanjutnya setiap sambungan antar panel dirapihkan dengan menggunakan flexible joint sealant atau kompon.


NOQTAH ART, sebuah perusahaan yang secara konsen dan eksis sejak tahun 1998 bergerak dibidang seni dekorasi arsitektur Islam. Dengan pengalaman yang dimiliki, NOQTAH ART siap mewujudkan reka bentuk bangunan dengan gaya arsitektur Islam, termasuk didalamnya pembuatan menara masjid.

menara masjid sari asih

Trend gaya desain minimalis tidak menghilangkan esensi dari komponen arsitektur islam, dimana menara merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dalam rancang bangun sebuah masjid selain dari pada kubah. Menara dengan desain minimalis ini, kami kombinasikan antara struktur menara pada umumnya dengan reka bentuk kaligrafi geometris yang kaku dan terkesan kokoh yaitu Kufi Murabba.
Pilihan lainnya adalah menara asjid dengan desain khas masjid Nabawi lengkap dengan muqarnas, profilan alur dan juga ornamen geometris didalamnya.

Untuk info lebih lanjut, silahkan hubungi kami :

Studio NOQTAH ART,
Jln. Ceger Raya, Perkantoran Ganda Asri
Blok A No. 5 Pondok Karya,
Pondok Aren, Tangerang Selatan,
Banten – INDONESIA
Contact Person:  Kurnia Agung Robiansyah,
Hp. +6281296668883
(e) kurnia_ar@noqtahart.com

Lihat produk lainnya DISINI.

—————————————————-
TAG : GRC,  MENARA MASJID, MENARA, MENARA MINIMALIS, MENARA KALIGRAFI, MENARA GRC, SPESIALIS MENARA, TUKANG MENARA, JASA MENARA.