Untuk layanan konsultasi, pertanyaan, dan order hubungi :

  • PT. Noqtah Cipta Kreasi,
    Jln. Ceger Raya, Perkantoran Ganda Asri Blok A No. 5, Pondok Karya, Pondok Aren, Tangerang Selatan – INDONESIA.

  • +6281296668883

  • www.noqtahart.com
  • kurnia_ar@noqtahart.com

Menara masjid berfungsi sebagai tempat berkumandangnya adzan. Dalam perkembangannya, bangunan menara menjadi bagian arsitektur yang tak terpisahkan dari bangunan masjid. Seiring perkembangan tersebut, pembangunan menara tidak hanya sekedar untuk memenuhi fungsi utamanya sebagai tempat untuk menyerukan adzan saja melaikan menjadi komponen penting dalam melengkapi keidahan arsitektur sebuah masjid.

Untuk membangun sebuah menara masjid diperlukan perencanaan yang matang, mulai dari perencanaan desain, konstruksi, material dan teknik pengerjaan, hingga penempatan elemen dekorasi seperti ornamen arabesk dan giometris, muqarnas dan atau kaligrafi didalamnya.

PT. Noqtah Cipta Kreasi adalah perusahaan pertama di Indonesia yang mengawali dan membidangi spesialisasi detail dekorasi arsitektur Islam. Mulai di gagas sejak tahun 1998, hingga kini lebih dari 300 proyek seni telah dikerjakan di berbagai kota di Indonesia dan merambah ke manca negara seperti Malaysia dan Jepang.

Khusus untuk pengerjaan rancang bangun menara masid, Noqtah melayani jasa konsultasi perencanaan detail menara masjid hingga proses pelaksanaan pekerjaan. Material yang digunakan Noqtah dalam membangun menara adalah GRC (Glass-fibre Reinforced Cement). Keunggulan bahan GRC dibandingkan dengan material lainnya antara lain : dapat menghasilkan produk berbentuk panel menara yang lebih effisein, lebih tipis dari penampang beton standar, kuat, bobot lebih ringan, serta fleksibel dibentuk sesuai dengan desain yang diinginkan bahkan dapat menjangkau detail desain paling rumit sekalipun.

Dalam mengerjakan desain menara masjid, Noqtah senantiasa menyajikan konsep-konsep desain menara dengan kreasi yang berbeda antara satu proyek dengan proyek lainnya. Untuk itu anda tidak perlu khawatir soal hasil akhir banguan menara yang dibuat, sebab kesemua prosesnya direncanakan oleh tim kreatif yang memang memiliki berpengalaman dalam merumuskan detail menara dengan sentuhan seni Islam. Ya semua yang merencanakan adalah senimannya dan bukan sekedar juru gambar biasa. Selama prosesnya pun anda dapat dipasilitasi untuk bebagi wawasan seputar seni dekorasi, kaligrafi dan arsitektur Islam.

Kembali ke point bagaimana Noqtah membangun menara masjid ini :

  1. Mulailah anda rencanakan ukuran dimensi  dan gambaran tampak menara yang dinginkan lalu menyampaikannya kepada consummers support Noqtah.

  2. Bagian estimator Noqtah kemudian mulai mengestimasi dan membuat penawaran pekerjaan tersebut mulai dari biaya, durasi, serta gambaran teknis pengerjaannya.

  3. Ketika penawaran sudah disepakati anda akan memperoleh commecial invoice yang merinci tentang nilai pekerjaan, durasi pekerjaan, tahapan pembayaran, hingga beberapa ketentuan yang disepakati dalam penawaran sebelumnya.

  4. Jika point 3 sudah dapat dipenuhi, maka tim mulai merumuskan detail gambar kerja, perencanaan kosntruksi, dan mempersiapkan tahapan proses produksi modul menara dengan pencetakan panel-panel GRC di pabrik.

  5. Tahapan instalasi panel menara dilakukan dengan cara pengelasan panel pada konstruksi baja yang sebelumnya dibangun, dengan melakukan perapihan sambungan-sambungan panel yang ada hingga berwujud bangunan menara masjid secara utuh.